Kamis, 21 Mei 2015

Resep Cemilan Yangko Unik Enak Bergizi




Jajanan dari kota Yogyakarta memang selalu terasa istimewa seistimewa nama kotanya. Salah satu jajanan khas Yogyakarta yang masih tersohor sampai saat ini adalah Yangko. Sekilas, apabila dinikmati rasa Yangko ini sedikit mirip dengan kue Moci dari Jawa Barat hanya saja tanpa menggunakan isi berupa kacang tanah. Yangko memang mirip dengan moci hanya berbeda dari segi tekstur dan isian, Yangko memiliki tekstur yang lebih padat. Namun tetap rasa Yangko ini begitu istimewa terbukti hingga saat ini popularitas Yangko masih begitu dikenal di berbagai daerah di Indonesia. Bagaimana cara membuat Yangko khas Yogyakarta ini? Untuk membuatnya maka simak resep membuat Yangko di bawah ini:

Bahan:

  • 500 gram tepung ketan
  • 300 ml santan (diparut dari ½ butir kelapa)
  • 2 sdm margarine
  • 100 gram tepung maizena
  • Garam secukupnya

Bahan Isi:

  • 140 gram gula pasir
  • 140 gram kacang tanah


Cara Membuat:

  1. Pertama, buat bahan isian terlebih dahulu dengan menumbuk kacang tanah lalu disangrai hingga halus. Kemudian tambahkan gula pasir dan diaduk hingga rata. Sisihkan.
  2. Campur tepung ketan dengan air lalu aduklah hingga taya. Saring adonan tersebut menggunakan kain bersih.
  3. Lelehkan margarine lalu tuangkan pada adonan. Aduk hingga rata dengan perlahan-lahan dituangi santan, garam, dan pewarna makanan. Aduk kembali hingga rata.
  4. Siapkan cetakan loyang dan laisi menggunaan plastik kemudian masukkan adonan yangko ke dalam loyang tersebut. Kukus adonan yangko dalam waktu kurang lebih 45 menit hingga matang. Setelah matang, angkat loyang lalu dinginkan.
  5. Angkat yangko dari cetakan, lalu potong menjadi 2 bagian. Tuangkan bahan isi di atas potongan pertama hingga rata dan letakkan potongan kedua diatas potongan yangko pertama yang telah diberi bahan isian.
  6. Potong yangko berbentuk kotak-kotak dan gulungkan kue yangko pada tepung maizena. Kue yangko siap dinikmati.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar