Jumat, 08 Mei 2015

Resep Cemilan Potato Gurih Unik Enak Bergizi




Kentang menjadi salah satu bahan makanan yang sering digunakan untuk membuat berbagai jenis masakan. Baik untuk makanan berat atau hanya sebagai bahan cemilan. Potato gurih atau kentang goreng seringkali berada di sekitar kita untuk cemilan dalam berbagai macam kesempatan. Bahkan hampir semua orang menyukai potato gurih, terbukti dengan banyaknya penjaja potato gurih dari kalangan pinggir jalan (pedagang kaki lima) hingga di mal-mal besar di kota. Rasanya yang gurih dan mampu memberi efek kenyang membuat popularitas potato gurih semakin tinggi. Sehingga makin banyak orang berusaha untuk mencari dan membuatnya sendiri di rumah. Apalagi cara untuk membuatnya cukup mudah. Bagaimana cara untuk membuat potato gurih? Simak ulasan bahan dan cara membuat potato gurih di bawah ini :

Bahan :

  • 3 buah kentang mentega
  • Tepung terigu serbaguna
  • Air untuk merebus
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :

  1. Kupaslah kentang hingga bersih kemudian potong kentang berbentuk balok memanjang. Setelah selesai dikupas, cuci kembali kentang yang telah dipotong hingga getah kentang pudar.
  2. Rebus air dengan api besar, tambahkan garam agar getah kentang cepat terangkat. Rebus hingga mendidih kemudian masukkan kentang didalam air mendidih selama 5 menit. Angkat lalu tiriskan.
  3. Campurkan tepung terigu, garam atau penyedap rasa hingga tercampur rata kemudian taburkan pada kentang selagi kentang masih panas. Pastikan tepung tersebar merata pada kentang.
  4. Panaskan minyak goreng dengan jumlah banyak menggunakana api sedang. Goreng kentang dan pastikan kentang terendam ke dalam minyak. Bolak-balik kentang hingga matang ditandai dengan warnanya kuning keemasan. Ketika keseluruhan kentang telah digoreng, angkat lalu tiriskan.
  5. Siapkan sebuah wadah, letakkan kentang pada wadah tersebut. Tambahkan saus sambal maupun tomat agar rasa potato gurih semakin nikmat.

Mudah bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar