Jumat, 15 Mei 2015

Resep Cemilan Kue Cucur Unik Enak Bergizi




Kue cucur sangat populer di kalangan masyarakat Betawi dan Manado. Kue cucur memiliki tekstur basah dan lembek dan lebih dominan dengan rasanya yang manis. Kue cucur ini hanya terbuat dari bahan-bahan yang cukup sederhana namun dari segi rasa tak bisa diabaikan. Terbukti hingga sekarang kue unik ini masih kondang di kalangan masyarakat Betawi dan tentu banyak orang yang berusaha untuk tetap melestarikan eksistensi kue basah ini sebagai salah satu kuliner asli nusantara. Kue cucur menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya dan ditambah gula merah sebagai penambah cita rasa manis dalam setiap gigitannya. Penasaran dengan cara membuat kue cucur khas Betawi dan Manado ini? Perhatikan ulasan resep kue cucur yang lezat dibawah ini:

Bahan:

  • 300 gram tepung beras
  • 150 gram gula merah disisir halus
  • 100 gram gula pasir
  • 30 gram tepung terigu
  • 450 ml air
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Rebuslah air bersama dengan gula pasir dan gula merah hingga terbentuk larutan gula yang merata. Kemudian saring.
  2. Tuangkan air larutan gula ke dalam tepung beras dan tepung terigu perlahan-lahan sembari diuleni dan dipukul berulang menggunakan tangan selama 15 menit. Kocoklah menggunakan sendok sayur dalam waktu 20 menit lalu diamkan adonan selama 2-3 jam.
  3. Setelah didiamkan selama 2 jam dan adonan sedikit memadat, maka adonan siap untuk digoreng. Siapkan minyak goreng dalam sebuah wajan kecil, panaskan dengan api sedang dan tuang satu sendok sayuran.
  4. Siram kue cucur menggunakan minyak dan tusuk bagian tengah kue cucur menggunakan tusuk sate hingga kue cucur mengering. Angkat lalu tiriskan. Ulangi hingga adonan habis.
  5. Kue cucur siap untuk dinikmati.

Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar