Sabtu, 09 Mei 2015

Resep Cemilan Tela-Tela Unik Enak Bergizi




Tela-tela terkenal dengan rasanya yang renyah dan mirip dengan kentang goreng khas beberapa makanan junk food restoran cepat saji terkenal di dunia. Tela-tela lebih menggambarkan karakter Indonesia karena dibuat dari bahan makanan khas dari Indonesia yaitu singkong. Sekilas bentuk tela-tela memang mirip dengan kentang goreng french fries, bedanya terletak pada rasa. Cita rasa singkong tetap melekat pada tela-tela hanya lebih bervariasi karena tersedia dalam berbagai rasa, seperti manis, keju, BBQ, dan lain-lain. Anda pun bisa menambahkan sendiri variasi rasa tela-tela ketika Anda membuatnya sendiri di rumah. Siap untuk menikmati tela-tela buatan Anda sendiri? Persiapkan saja bahan yang dibutuhkan lalu simak ulasan resep tela-tela dibawah ini :

Bahan :
  • 1 kg singkong
  • 1 bungkus bumbu tela-tela dengan rasa sesuai selera
  • Minyak goreng secukupnya
  • 10 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat :
  1. Potonglah singkong berbentuk balok memanjang hingga semua singkong habis.
  2. Buatlah campuran antara air dan garam, diamkan selama 5 menit hingga campuran membentuk larutan.
  3. Masukkan singkong ke dalam larutan air garam. Rendam singkong selama 5-10 jam hingga bumbu meresap ke dalam singkong.
  4. Panaskan minyak diatas api besar. Ketika minyak telah panas, masukkan potongan singkong ke dalam penggorengan. Tunggu hingga singkong mengapung, kemudian aduk singkong hingga terlihat cukup kering dan matang.
  5. Lakukan hal sama hingga singkong benar-benar habis. Apabila semua singkong telah digoreng dengan tekstur cukup kering. Angkat lalu tiriskan hingga kandungan minyak menjadi sedikit.
  6. Letakkan tela-tela pada wadah kecil yang telah diisi dengan bumbu. Kocoklah tela-tela bersama bumbu hingga bumbu menempel sempurna pada permukaan tela-tela.
  7. Pindahkan pada wadah kertas. Tela-tela siap dinikmati.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar