Sabtu, 09 Mei 2015

Resep Cemilan Keripik Singkong Unik Enak Bergizi




Keripik singkong menjadi sebuah cemilan favorit banyak kalangan. Telah tersedia keripik singkong dalam versi sederhana atau yang dikemas dalam bentuk mewah sehingga memiliki nilai jual tinggi. Keripik singkong menggunakan bahan baku singkong (ketela pohon) dalam proses pembuatannya. Banyak yang menggemari keripik singkong karena begitu renyah dan enak untuk dinikmati di berbagai jenis aktivitas. Keripik singkong bisa juga diolah dengan menerapkan berbagai macam rasa sehingga akan semakin mengundang rasa penasaran tiap orang untuk mencicipi variasi rasa yang lain. Begitu banyak penjaja keripik singkong tak bisa menjadi alasan untuk Anda membuatnya sendiri di rumah. Persiapkan bahan-bahan dan segera simak cara membuat keripik singkong yang renyah di bawah ini :

Bahan :
  • 1 kg singkong
  • 1 sdm kapur sirih
  • 300 ml air
Bahan Bumbu Keripik Singkong :
  • 5 sdm garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 5 siung bawang putih
  • Minyak sayur secukupnya
  • 8 siung bawang merah


Cara Membuat :
  1. Kupaslah singkong hingga bersih dan seluruh permukaan kulit terkelupas. Potong singkong menyerupai bentuk keripik singkong umumnya yang tipis.
  2. Siapkan air bercampur kapur sirih dan letakkan didalam wadah.
  3. Haluskan bumbu keripik singkong yaitu bawang merah, bawang putih, gula pasir, garam, dan minyak sayur.
  4. Campurkan air kapur sirih dan bumbu keripik singkong yang telah dihaluskan. Campur hingga terbentuk larutan yang tercampur rata. Kemudian masukkan potongan singkong ke dalam campuran tersebut. Rendam selama 1 jam hingga semua bumbu meresap ke dalam singkong.
  5. Keringkan singkong yang telah direndam secara kering angin, jangan biarkan terpapar sinar matahari langsung.
  6. Siapkan dua penggorengan untuk menggoreng singkong, pertama dengan api sedang dan kedua dengan suhu panas maksimal.
  7. Goreng singkong pada penggorengan pertama sampai setengah matang. Lalu pindahkan pada penggorengan kedua agar terbentuk keripik singkong yang gurih. Lakukan hal sama hingga singkong habis. Angkat lalu tiriskan.
  8. Letakkan keripik singkong pada wadah kedap udara supaya tetap renyah. Keripik singkong siap dinikmati.

Mudah bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar