Kamis, 21 Mei 2015

Resep Cemilan Wajik Unik Enak Bergizi




Wajik saat ini mulai jarang dijumpai kecuali ketika ada acara hajatan pada masyarakat tradisional. Padahal dahulu makanan tradisional ini sangat mudah ditemukan karena para pembuatnya begitu banyak. Terkadang ada semacam kerinduan untuk mencicipi makanan yang tak lagi sering beredar di pasaran. Apabila menunggu adanya hajatan mungkin terlalu lama maka buatlah wajik di rumah anda saja agar kerinduan terhadap cita rasa wajik segera terobati. Apalagi cara membuatnya pun tergolong mudah. Perhatikan jenis ketan yang anda pilih karena tentu akan berpengaruh terhadap rasa ketan yang nanti anda buat. Mengenai tingkat kemanisan usahakan agar tidak terlalu manis karena bisa mengakibatkan perut menjadi kurang nyaman. Bagaimana cara membuat wajik? Simak resep membuat wajik di bawah ini:

Bahan :

  • 250 ml gram santan kental dari 1 butir kelapa
  • 400 gram ketan putih.
  • 250 gram gula merah disisir halus
  • ½ sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
  • 25 ml air panas

Cara Membuat :

  1. Cuci bersih ketan putih kemudian tiriskan hingga kandungan air berkurang.
  2. Kukus beras ketan putih dalam waktu 30 menit. Pada waktu 15 menit, buka penutup kukus dan percikkan air panas ke dalamnya.
  3. Rebuslah gula merah disertai santan hingga larut. Tambahkan daun pandan dan garam. Aduk terus santan hingga rebusan santan matang.
  4. Kemudian, masukkan ketan kukus ke dalam santan. Tetap aduk campuran santan dan ketan diatas api kecil hingga santan mengering pertanda santan telah meresap ke dalam beras ketan.
  5. Tuang adonan ketan bersantan ke dalam loyang ukuran sesuai selera yang telah diberi alas daun pisang. Dinginkan adonan llau potong sesuai selera anda. Wajik siap dihidangkan.

Mudah bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar