Kamis, 21 Mei 2015

Resep Cemilan Molen Unik Enak Bergizi




Pisang memiliki cita rasa manis dan memberi efek baik untuk kesehatan. Itulah mengapa pisang selalu diolah menjadi bahan makanan yang bermacam-macam agar semakin meningkatkan minat para konsumen. Salah satu olahan pisang yang begitu terkenal dan fenomenal di kalangan konsumen adalah pisang molen. Kandungan minyak yang lebih sedikit dibanding dengan pisang goreng biasa membuat pisang molen tak kalah digemari dibanding olahan pisang yang lain. Penjaja pisang molen sangat mudah ditemui di pinggir jalanan namun kadang penjual di pinggir jalan belum bisa memenuhi selera anda.  Tentu akan lebih baik apabila anda membuat sendiri di rumah yang sesuai dengan selera anda. Bagaimana cara membuat pisang molen? Simak ulasan resep molen pisang dibawah ini:

Bahan:

  • 16  buah pisang raja masak namun jangan terlalu matang.
  • 500 gram tepung terigu
  • 2 sdt baking powder
  • 140 gram gula halus/gula bubuk
  • 3 butir telur ayam
  • Air matang secukupnya
  • 140 gram margarine
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkah wadah besar, lalu masukkan tepung terigu, dua sendok baking powder, dan gula bubuk. Aduk semua bahan hingga merata.
  2. Ayak ketiga bahan agar kotoran yang terdapat pada bahan bisa hilang.
  3. Tambahkan margarine dan telur ayam ke dalam adonan. Aduk kembali adonan hingga adonan menggumpal.
  4. Masukkan air matang yang sudah dingin ke dalam adonan perlahan-lahan. Uleni adonan menggunakan tangan hingga adonan tercampur rata dan kalis.
  5. Bentuk kulit molen dengan menggunakan gilingan untuk membuat mie yang disebut roller pin. Masukkan adonan ke dalam mesin penggiling hingga mencapai tingkat ketebalan yang anda inginkan.
  6. Kupas pisang dan potong menjadi 2 bagian dengan bentuk menyerong. Balutkan adonan kulit pisang molen lalu gulung hingga pisang tertutup rata. Lakukan hingga pisang habis.
  7. Siapkan minyak untuk menggoreng lalu masukkan pisang molen ke dalam penggorengan. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Pisang molen siap dinikmati.

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar