Jumat, 15 Mei 2015

Resep Cemilan Cenil Unik Enak Bergizi



Kue cenil adalah salah satu jajanan pasar yang populer di Indonesia. Kue unik satu ini berasal dari Jawa Tengah dengan mengandalkan cita rasanya yang manis dan tekstur yang kenyal. Selama ini dianggap jajanan pasar karena kue cenil banyak dijual di pasar. Namun belakangan, beberapa lokasi selain pasar juga telah menjual kue manis ini. Artinya semakin banyak orang yang telah mampu mengolah kue cenil di rumah mereka. Anda pun bisa membuat kue cenil nan kenyal ini di rumah Anda sendiri. Dengan membuatnya di rumah Anda bisa mengatur warna dan ukuran sesuai dengan selera Anda disertai biaya yang lebih murah. Akan sangat menyenangkan bila Anda bisa membuatnya sendiri bukan? Maka persiapkan berbagai bahan dan simak resep pembuatan kue cenil dibawah ini:

Bahan:
  • 250 gram tepung kanji
  • 125 ml air mendidih
  • ½ sdt garam halus
  • Pewarna makanan (merah dan hijau) secukupnya
Bahan Taburan:
  • 100 gram gula pasir
  • ½ butir kelapa dikupas dan diparut panjang kemudian dikukus
  • 1 lembar daun pandan
Cara Membuat:
  1. Buat taburan kue cenil dengan mengukus kelapa bersama daun pandan serta garam dalam waktu kurang lebih 15 menit. Kemudian angkat dan sisihkan.
  2. Ambil tepung kanji sebanyak 1 sendok tepung dan cairkan menggunakan 2 sendok makan air dingin. Tuangkan 125 ml air mendidih didalam cairan tepung kanji lalu aduk hingga mengental.
  3. Masukkan sisa tepung kanji sedikit demi sedikit kemudian aduk merata. Uleni adonan hingga bisa dibentuk kemudian pisahkan adonan menjadi 3 bagian.
  4. Pada tiap adonan beri pewarna hijau dan merah, biarkan satu bagian adonan tanpa pewarna. Setelah itu, bentuk adonan membulat atau berbentuk seperti jari kelingking.
  5. Rebuslah air lalu masukkan adonan kue cenil ke dalamnya. Rebus hingga kue cenil mengapung, lalu angkat dan tiriskan.
  6. Terakhir, gulingkan kue cenil pada kelapa parut dan taburilah dengan gula pasir. Kue cenil siap dinikmati.

Menarik bukan?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar